Apa Cat yang Digunakan untuk Body Painting atau Face Painting?

[Indobodypainting]Body painting merupakan suatu bentuk seni yang telah diaplikasikan manusia sejak zaman prasejarah. Kala manusia masih tinggal di gua-gua pun, body painting atau seni lukis tubuh sudah sering dilakukan, baik untuk ritual keagamaan, penanda status sosial di masyarakatnya ataupun untuk berperang. Di zaman sekarang, seni lukis tubuh ini biasanya dilakukan oleh para seniman panggung sampai seniman jalanan. Di momen tertentu pun, masyarakat awam sering melukis diri mereka. Misalnya pada pesta perayaan ulang tahun, Tahun Baru, Sepak Bola dan Halloween.

Nah, yang wajar dika dipertanyakan oleh masyarakat adalah mengenai keamanan cat-cat tersebut. Cat adalah bahan kimia. Kita tak bisa memungkiri itu. Tentu akan lebih bijak bila dalam pembelian bahan ini, kita memerhatikan tingkat keamanan hingga efek jangka panjangnya. Agar bisa membantu Anda, berikut ini Indobodypainting bagikan beberapa jenis cat yang bagus untuk kebutuhan tersebut.

Jenis Cat yang Bagus untuk Body Painting
Cat Berbasis Air (Water Based Paint)
Pilihan pertama untuk cat yang aman bagi kulit dan tubuh kita adalah water based paint atau cat berbasis air. Cat berbasis air ini menggunakan air sebagai pelarutnya. Jadi, cat ini berbeda dengan cat lama yang biasanya dilarutkan dengan thinner dan spiritus. Bau cat berbasis air sama sekali tidak menyengat. Malah beberapa produsen cat air menambahkan wangi-wangian tertentu seperti aroma lavender, aroma mawar, dan lainnya. Kekurangannya, beberapa produk cat water based ini mudah mengelupas.

Cat Metalik
Jenis cat yang bagus untuk body painting selanjutnya adalah cat metalik. Anda ingin tampil bagaikan patung emas atau perak? Anda ingin terlihat glowing dengan warna hitam, perunggu, atau ungu? Maka Anda bisa menggunakan cat metalik. Tapi hati-hati! Kandungan dalam cat metalik lebih beresiko terhadap kesehatan apabila dibandingkan dengan cat berbasis air. Beberapa orang melaporkan terkena reaksi alergi saat menggunakan cat jenis ini.

Cat Berbasis Alkohol
Ingin cat yang lebih tahan lama? Bila iya, Anda mungkin bisa mempertimbangkan alcohol based paint. Cat ini bisa bertahan jauh lebih lama dibandingkan dengan water based paint. Cat berbasis alkohol juga tidak akan luntur terkena keringat. Tapi kalau digosok-gosok bisa luntur juga.

Bagaimana dengan tingkat keamanannya? Jelas lebih beresiko dibanding cat air. Selain kandungan toksik dalam beberapa elemennya, Anda juga perlu hati-hati dengan kandungan alkohol. Jangan gunakan cat ini untuk anak-anak!

Henna
Henna biasanya bisa Anda lihat dalam riasan Pengantin. Ada banyak motif di telapak tangan hingga lengan dan juga kaki. Henna sebagian orang juga menggunakannya untuk riasan wajahdan lainnya. Meski warnanya terbatas (coklat dan merah), namun henna bisa membuat efek yang cantik lho dan unik sekaligus. Bahan ini sudah banyak digunakan oleh berbagai suku di dunia mulai dari Afrika sampai Indonesia. Namun perlu diperhatikan juga mengenai bahan henna ini. Dilaporkan beberapa orang mengalami alegi pada henna ini hingga kulitnya iritasi.

Henna berasal dari tanaman dengan nama latin Lawsonia inermis yang berwarna merah kecokelatan dan banyak tumbuh di daerah tropis maupun subtropis, seperti Asia Selatan dan Afrika. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai inai. Bagian daunnya ditumbuk, lalu dijadikan pewarna alami atau tinta tato temporer. Tato temporer sendiri dapat bertahan selama tiga hari hingga beberapa minggu lamanya tergantung dari jenis pewarna yang digunakan dan kondisi kulit Anda.

Meski berasal dari tumbuhan, henna tidak sepenuhnya aman bagi kesehatan. Sebab untuk membuat tinta yang akan digunakan sebagai tato temporer, dibutuhkan campuran zat-zat pewarna lainnya.

Sebagai tinta tato temporer, henna yang dipakai adalah henna hitam. Zat tambahan yang mungkin terkandung pada henna hitam adalah tar batubara. Nama kimianya adalah p-phenylenediamine, atau lebih dikenal dengan PPD.

Marker
Beberapa produsen cat memproduksi marker. Tapi marker yang dimaksud bukan sembarang spidol yang biasa dipakai dosen atau guru untuk menulis di white board ya. Marker yang ini memang sengaja dibuat untuk kebutuhan seni lukis tubuh. Bacalah kemasan produk dengan hati-hati. Sebab, ada beberapa jenis marker yang tidak boleh diaplikasikan di area tertentu yang sensitif, misalnya di wajah, di dekat mata atau area pribadi.

Berapa Harga Cat yang Bagus untuk Body Painting ini?
Beragam. Kisaran harganya mulai dari belasan ribu rupiah sampai dengan ratusan ribu rupiah. Beberapa yang bisa menimbulkan efek bagus (biasanya digunakan seniman profesional) harganya bisa sangat mahal.

Kami memang tidak menyebut merk, karena tiap merk, terlepas dari jenis catnya memiliki kandungan spesifik yang berbeda-beda. Tingkat keamanan suatu merk cat harus sangat hati-hati dinilai, dan karena kami tidak punya kapasitas mengujinya, maka kami hanya bicara jenis cat yang bagus untuk body painting saja, bukan merk cat.