Sejarah Body Painting (Body Art)

[Indobodypainting] – Body Art Seni pertunjukan yang menggunakan tubuh sebagai medianya. Tubuh pada setiap bagiannya dianggap mempunyai karakteristik yang unik untuk dijadikan sebagai media ekspresi, seperti punggung, dada, wajah, tangan, kaki, dan bagian-bagian lainnya. Body art terbagi menjadi body painting, body action, tatto, dan henna (mehndi).

Seni melukis tubuh atau melukis dengan media manusia. Body Painting termasuk seni tubuh dan juga termasuk seni kuno. Beda dengan tatto atau seni tubuh lainnya. Body Painting lebih bersifat kontemporer, di lukis hanya di atas kulit manusia dan hanya bertahan beberapa jam ( tidak permanen). Body Painting yang merupakan kegiatan merubah penampilan tubuh murni hanya untuk tujuan seni. Cek Halaman: 27 Buku Modul Seni Budaya

SEJARAH BODY PAINTING
Body painting tradisional sampai sekarang masih dapat kita temukan di suku Huli di Papua Nugini (Papua New Guinea). Para pria dari suku tersebut biasanya mengecat tubuh mereka dengan tanah liat dan bahan-bahan alami lainnya untuk upacara adatnya. Dan serupa juga dengan suku- suku tradisional lain di Australia, New Zealand Kepulauan Pasific dan daerah Afrika.

Untuk body painting modern cukup dinikmati di luar negeri, tapi tidak di negara tercinta ini. Kebanyakan orang- orang kita masih awam atau mungkin sama sekali belum mengenal seni lukis tubuh atau Body Painting ini. Padahal dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sering menjumpai kesenian ini.

TEKNIK BODY PAINTING
Cara melukis body painting sama dengan teknik melukis lainnya. Hanya saja medianya pada tubuh manusia.

Memikirkan jenis cat yang akan digunakan. Karena tubuh manusia itu cukup sensitif, maka cat yang digunakan bukanlah sembarang cat.
Buat seketsa di kertas sebelum konsep dituangkan di wajah. Para pelukis body panting professional,sangat tahu apa yang harus mereka lakukan. Mereka tidak akan bekerja tanpa konsep. Untuk keperluan film dan karvanal pun seperti itu sehingga waktu pekerjaan di wajah tidak akan memakan waktu yang lama. Wajah yang sudah dilukis akan menampilkan karakter yang sangat berbeda dari aslinya.

Ben Heine, Gesine Marwedel, Andy Golub, Emma Hack, Trina Merry, Chadwick and Spector. Guido Daniele Craig Tracy adalah Bodypainter Profesional.

Ben Heine
Ben memiliki tujuan tersendiri dalam membuat karya unik ini. Ia mengungkapkan ingin menciptakan suatu karya baru yang belum pernah dibuat sebelumnya.

Menciptakan karya yang terlihat hidup dan kreatif serta bisa membaurkan sang model dengan latar belakangnya. Tubuh sang model digabungkan dengan karya seni tersebut dan menjadi bagian dari seluruh komposisinya.

Gesine Marwedel
Dengan teknik body painting istimewa sekaligus memanfaatkan efek fotografi dan pencahayaan

Emma Hack
Mengatur banyak lengan, kaki, dan kepala menjadi bentuk bodi sebuah mobil. Dirinya merancang bentuk mobil sesungguhnya termasuk velg dan plat nomor yang kemudian mengecat tubuh seluruh model dengan warna biru, putih, hitam, dan perak. Video

Trina Merry
Trina dan modelnya menghabiskan waktu 13-18 jam untuk membentuk sang model menjadi motor.

Chadwick and Spector
Lebih fokus menghasilkan replika karya lukis yang kebanyakan dicuri, hilang, hancur, dan tidak diketahui keberadannya. Namun kini mereka kembali menghidupkan karya yang hilang itu melalui tubuh Chadwick yang dibuat selama 8-15 jam.

Andy Golub
Jika banyak orang yang meremehkan mereka dengan tubuh gemuk, namun berbeda kali ini. Dengan jeli, Golub merangkai ketiga model dengan tubuh tambun ini dan membuat sebuah karya seni yang menyerupai monster bermata tiga.

Sepertinya Andy Golub memiliki kecenderungan untuk menumpuk-numpukkan tubuh manusia

Guido Daniele
Dengan teknik body painting istimewa yang dia miliki, Daniele bisa membuat sebuah karya yang berguna dalam iklan komersial, maupun event fashion.

Craig Tracy
Dirinya menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat sebuah kamuflase lingkungan dengan tubuh manusia. Jika tak kamu perhatikan seksama, mungkin ini hanyalah seperti rangkaian bebatuan normal.

World Bodypainting
Festival World Bodypainting Festival adalah festival body painting tahunan terbesar yang dimulai dari tahun 1998 dan berlanjut sampai sekarang. Festival ini sudah diikuti oleh artist dari 47 negara.di Austria.